sma dharmakarya

LDKS/LLK dan Outbond Training 2019

Kegiatan LDKS/LLK dan Outbond Training 2019 mengangkat tema : “Membentuk Generasi yang Berkualitas, Tegas, dan Berwawasan Luas” berlangsung selama 2 hari dari tanggal 11-12 Oktober 2019 bertempat di Villa Lembur Pancawati, Caringin, Bogor. Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS/LLK) adalah sebuah pelatihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan. Pelatihan ini biasanya yang diberikan oleh Pengurus OSIS lama kepada calon Pengurus OSIS baru, baik untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama maupun Sekolah Menengah Atas. Pelatihan dasar yang diberikan ini bertujuan untuk memberikan bekal kepemimpinan kepada Pengurus OSIS baru yang nantinya akan menjadi pemimpin dari seluruh kesatuan OSIS dari sekolah yang bersangkutan.

LDKS/LLK biasanya diberikan dalam 2 bagian yaitu LDKS Fisik dan LDKS Mental. Pemberian materi dari kedua jenis LDKS ini biasanya diberikan di waktu dan tempat yang berbeda. Untuk LDKS Mental, yang menjadi pemberi materi bukanlah lagi para Pengurus OSIS lama melainkan Dewan Guru, Pembina OSIS, Kepala Sekolah serta Guru Bimbingan dan Konseling.

Outbound Training dan LDKS/LLK bukan hanya bermakna kegiatan yang menggunakan sarana di luar ruang,melainkan juga bermakna out of bounderise “Keluar dari bingkai/frame kebiasaan” dimana peserta diajak untuk berpikir luar biasa dan membuat terobosan-terobosan baru.

Manfaat Outbound Training untuk siswa diharapkan: Peserta akan dapat lebih memahami arti yang sebenarnya dari sebuah tantangan, dapat belajar pentingnya memiliki jiwa yang tidak mengenal putus asa, mendapatkan pemahaman yang sebenarnya tentang motivasi, kerja sama dan kepemimpinan, akan lebih arif dalam melihat potensi diri, akan mampu memaknai dengan benar arti sesungguhnya dari kata komunikasi efektif, dan mendapatkan kesegaran baik secara jasmani maupun rohani.

Tinggalkan komentar