Website Resmi SMA Dharma Karya

Rapat Kerja Program Sekolah Mengantisipasi Perubahan Kebijakan Pendidikan Nasional di Era Digital

Beberapa pemikiran mendasar dalam kerangka menyusun program sekolah yang progresif dan inovatif di era digital/milenial diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Dharma Karya Melawai, Jakarta (13/01/20) oleh Bpk. Drs. H. Endang Abutarya, M.Pd pada Rapat Guru dan Karyawan sebagai berikut:

Seputar Merdeka Belajar

Pernyataan Merdeka Belajar yang pernah dilontarkan oleh Mas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan adalah kemerdekaan bagi guru dan peserta didik. Kini saatnya menebar kebebasan. Anak tidak lagi dikekang, mereka dapat menggagas dan berpikir mandiri. Para guru pun dipersilahkan berpikir inovatif dan kreatif dalam melaksanakan pembelajaran tanpa harus menunggu instruksi.

Seputar Mutu dan Tujuan Pendidikan

Perkembangan pengetahuan ilmiah telah berhasil mengguncang dan mengacaukan kelanggengan lapangan kerja. Fenomena ini membuat sejumlah pekerjaan menjadi kadaluarsa dan tidak diperlukan lagi, tetapi juga memunculkan beberapa pekerjaan baru yang belum pernah ada di masa lalu atau belum pernah terpikirkan. Saat ini pekerjaan yang sifatnya analisis dan kreatifitas justru aman dan tidak terkacaukan oleh guncangan teknologi.

Seputar Era Teknologi Digital

Sekarang dalam era teknologi digital memungkinkan penulis langsung berhubungan dengan calon pembaca dan mencetak tulisan di rumah, kantor atau dimana saja. Semangat perebutan hak belajar oleh masyarakat akan terus beriringan dengan kemajuan teknologi digital. Dan hal ini identik terjadi pada guru, peserta didik dan bahan ajar semuanya terasa sudah pada satu titik, ruang dan waktu. Kita harus memanfaatkannya dengan sebaik mungkin agar kemajuan teknologi digital dapat dimanfaatkan ke dalam proses pembelajaran di kelas dengan sebaik-baiknya secara bertahap.

Seputar Pendidikan Karakter

Kita sepakat pendidikan karakter adalah upaya sengaja dari lembaga atau satuan pendidikan untuk membantu peserta didik memahami, peduli, dan bertindak berdasarkan nilai-nilai universal dan bagi Yayasan Pendidikan Dharma Karya adalah pendidikan karakter yang islami. Oleh karena itu kita perlu merancang program pendidikan yang secara sistematis menyokong pertumbuhan karakter peserta didik yang tetap relevan dengan era kekinian. Karakter pendidikan apa yang akan kita hasilkan ketimbang pendidikan karakter.

Share thisĀ 

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on google
Google+
Share on email
Email

Tinggalkan komentar